oleh

28 Rumah Adat Di Ile Ape Ludes Terbakar

Rumah adat di Kecamatan Ile Ape terbakar 

Lewoleba, teras-ntt.com — Sebanyak 28 adat di kampung lama Desa Bunga Muda dan Mapasabok, Kecamatan Ike Ape Kabupaten Lembata ludes terbakar. Sumber api diduga berasal dari kebekaran hutan di sekitar ke dua desa tersebut, Minggu (30/8/2020).

Informasi dari salah seorang saksi mata, Anton Ladopurab menuturkan, bahwa peristiwa kebakaran ketika munculnya titik api di sisi utara Bunga Muda.

” Pertama saya lihat ada kepulan asap hitam, diperkirakan sekitar “Mehang” (kompleks perkebunan warga-red) sekitar pukul 13.30 wita. Saya langsung lari ke kampung dan menyampaikan kepada warga lainnya nersama kepala desa. Saat itu juga semua warga langsung ke gunung untuk memadamkan api,” ujar Anton.

Lebih kanjut Anton menjelaskan, bahwa upaya pemadaman nyaris berhasil, namun karena angin kencang sehingga lidah api lebih cepat menjalar hingga masuk kompleks rumah adat.

Kepala Desa BungaMuda, Bernardus Parlete mengatakan, bahwa setelah mendapat laporan, dia langsung menggerakan warganya ke kampung Lama. Namun setelah sampai di sana api sudah sangat besar, belum lagi angin juga kencang sekali jadi kami kewalahan untuk selamatkan sebagian besar rumah adat itu.

Rumah adat di Kecamatan Ile Ape

Hingga berita ini diturunkan beberapa anggota Polsek Ile Ape dan Babinsa telah tiba di lokasi kejadian bersama masyarakat kedua desa itu.(van)

Komentar

Berita Terbaru