Home Pariwisata 200 Atlit Balap Sepeda Dunia Dipastikan Ikut Tour de Flores

200 Atlit Balap Sepeda Dunia Dipastikan Ikut Tour de Flores

9962
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com — Even berskala dunia Tour de Flores yang berlangsung bulan Mei 2016, dipastikan diikuti 200 atlit balap sepeda dunia dari 30 negara. Ajang bergengsi ini sebagai upaya Pemerintah mempromosikan Pariwisata NTT khususnya di daratan Flores ke dunia Internasional.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Dr. Marius Jelamu,M.si dalam jumpa pers di ruang rapatnya, Kamis (21/4/2016).

Jelamu menjelaskan, bahwa Tour de Flores dilepas di Larantuka, Kabupaten Flores Tumur dan menempuh jarak 700 km hingga finish di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Peserta akan melintasi beberapa etape dengan medang yang menantang.

” Para atlit internasional ini akan menlitas berbagai kabupaten di Flores. Para atlit ini tentu memiliki ribuan followers yang selalu mengkuti berbagai aktifitasnya. Setiap rintangan yang dilalui dan obyek wisata yang dikunjungi pasti akan diabadikan lalu menguploadnya dan di share ke dunia maya. Pasti dunia luar langsung mengenal berbagai keunggulan daerah kita. Ini salah satu bentuk promosi wisata secara gratis yang dikemas melalui Tour de Flores,” katanya.

Jelamu menegaskan, bahwa Tour de Flores sesungguhnya menjadi ajang promosi pariwisata NTT secara gratis ke 30 negara asal pembalap masing – masing.

Menurut Jelamu, anggaran yang dialokasikan Pemerintah NTT untuk mempromosikan pariwisata sangat terbatas sehingga perlu kreativitas dan inovasi agar bisa di kenal di dunia internasional.

” Kita tidak bisa mempromosikan pariwisata dengan dana yang kecil. Perlu anggaran besar agar lebih maksimal membangun obyek wisata yang ada. Dana kecil makanya banyak obyek yang tidak bisa dikelola dengan baik,” katanya.

Menurutnya, Tour de Flores akan menjadi race internasional. Dan akan berdampak pada investasi yang bisa dinikmati pada tahun – tahun mendatang.

Jelamu menyatakan, bahwa kesiapan even Tour de Flores sudah menggema dan masing – masing daerah sudah mempersiapkannya. Bahwa Maumere sudah melakan gebrakan dengan mengumpulkan semua warganya. Demikian juga Ende dan Manggarai Barat. Bahkan Nagekeo sangat siap, walau tidak melintasi Kabupaten itu.

” Ajang ini akan mempromosikan 10 destinasi utama menjadi Bali – Bali baru termasuk Labuan bajo. Karena memiliki brending internasional. Kalau menyebut Komodo tidak hanya di Indonesia tepati semua dunia tau kerena masuk 7 keajaiban dunia,” katanya.

Jelamu juga mengajak masyarakat NTT untuk mengambil bagian untuk memeriahkan even ini melalui touring atau penggembira bersepda yang diberangkatkan dua atau tiga jam lebih awal.

” Saya mengajak semua masyarakat NTT bergabung ke Flores dengan bersepeda bersama tanggal 18 Mei 2016,” ujarnya.(mas)

Berikan Komentar Anda.