by

1000 Disabilitas Dapat Bantuan Sosial dari Pemkot

KUPANG, Terasntt.com — Sebanyak 1.000 lebih penyandang disabilitas ada di Kota Kupang mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang. Hal itu dilakukan setelah upacara perayaan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 108 tingkat Kota Kupang di lantai l kantor Balai Kota, Jumad (20/5/2016).

Jonas Salean mengatakan, berkesempatan memberikan bantuan sosial bagi para kaum disabilitas di Kota Kupang. Bantuan sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkot Kupang untuk membantu kaum disabilitas dalam proses kehidupan mereka.

” Bagi saudara-saudara kita yang mempunyai keterbatasan fisik atau disabilitas kita senantiasa membantu mereka didalam proses kehidupan mereka. Kita bantu secara ekonomi, pendidikan anak-anak mereka, dan berbagai kebutuhan hidup mereka sudah termasuk raskin perlu diperhatikan. Saya minta Kadis Sosial mendata mereka yang ada itu mencapai 1000 lebih orang agar bisa mendapatkan bantuan sosial yang telah kita masukan dalam APBD kota Kupang. Kita tetap prioritaskan dalam program lainnya sebab mereka ini juga punya hak hidup dan dilindungi di Kota Kupang,” ucapnya.
Salean menegaskan Harkitnas kali ini dipakai sebagai momen untuk saling berbagi, sebagai bagian dari mengukir makna kebangkitan nasional dengan mewujudkan Indonesia yang bekerja nyata, mandiri, dan berkarakter sesuai tema Harkitnas tahun ini, untuk itu bantuan sosial bagi para kaum disabilitas dipandang sebagai bagian dari makna Harkitnas tingkat Kota Kupang.
Salean menambahkan khusus untuk pendamping disabilitas dalam hal ini pekerja sosial akan memperhatikan tingkat kesejahteraannya, sebab mereka mampu menghadapi kondisi selama mendampingi para kaum disabilitas.

Ia juga berjanji menaikan upah mereka menjadi setara dengan UMR provinsi sebesar Rp 1,5 juta rupiah.

” Bagi para pendamping kaum disabilitas kita Pemkot akan menaikan upah minimal setara dengan UMR provinsi NTT yaitu sebesar 1,5 juta rupiah yang mereka terima setiap bulannya. Memang nilainya tidak sebanding dengan jasa yang mereka lakukan namun kita Pemkot berupaya sesuai kelayakan yang mereka harus terima,” katanya. (her)

Comment

Berita Terbaru