oleh

1.074 Personil Gabungan Siap Amankan Pilkada Belu

ATAMBUA,Terasntt.com — Sebanyak, 1.074 pesonil gabungan yang terdiri dari pihak Kepolisian dan TNI juga Lima siap mengamankan Pilkada Kabupaten Belu. Personil ini akan mengamankan pada setiap tahapan hingga penetapan pemenang.
Demikian disampaikan Kapolres Belu, AKBP. Belu Radja Sinambela dalam rapat koordinasi perispan Pilkada Aula Bete Lalenon, Atambua, Senin (7/9/2015).
Dalam rapat yang dihadiri, Penjabat Bupati Belu, Welem Fonny Dandim 1605 Belu, Mochamad Nasmudin serta perwakilan KPU dan Panwas,
Ranja Sinambela mengatakan, bahwa ke 1.074 pesonil gabungan yang mengamankan Pilkade dimaksud terdiri dari anggota Polres Belu sebanyak 270 orang, Polda NTT 30 orang, Linmas 714 orang dan TNI 30 Personil sera SUB Den Pelopor sebanyak 30 personil.
Menurut Sinambela, seluruh personil yang ada akan dibagi menjadi beberapa bagian pengamanan, yakni Pam Kampanye tatap muka, Rapat tertutup dan pertemuan terbatas akan diamankan oleh 135 personil.
Sedangkan Pam Kampanye Rapat umum, lanutnya diamankan oleh 250 personil serta Pam Debat publik 211 personil.
” Markas operasi kami ada di Mapolres Belu, Posko operasi di KPU dan Panwas. Inilah komponen – komponen, penting yang perlu kami amankan, KPU sebagai Penyelenggara Pemilihan, Panwas Sebagai Pengawas. Khusu KPU apabila sampai pada proses rekapitulasi pengamannya akan kita tambah untuk menjaga kemungkinan- kemungkinana yang tidak kita inginkan,” tegasnya.
Sinambela mengatakan, bahwa tugas aparat keamanan adalah menjaga Kantibmas, melakukan pengawalan, pengamanan dan kelancaran dalam proses pilkada ini.
” Saya berharap agar tidak terjadi gangguan-gangguan dalam pelaksanaaan Pilkada di Belu. Dan semua pelanggaran-pelanggaran dalam proses pilkada bisa diselesaikan di Panwas,” katanya.
Menurut dia, dalam rangkah mengamankan proses Pilkada Polres Belu telah melakukan persiapan-persiapan diantaranya, Simulasi pengamanan pasca terjadi kericuhan dalam proses pemilihan dan apel gelar pasukan telah kita lakukan demi memperlancar proses Pilkad.(Ino)

Komentar